F1 Powerboat 2024 di Danau Toba Sumatera Utara, Peluang Bisnis dan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

F1H2O

banner 563x150

Danau Toba dipercaya menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan (2023-2027).

Tahun ini, Danau Toba bakal membuka rangkaian seri ajang balap perahu super cepat paling bergengsi di dunia tersebut pada 23-25 Februari 2024. Hal itu menjadi topik pembahasan rapat yang dihadiri oleh beberapa pelaku pariwisata (Travel, Bawisda, dan MITTAS) di Sumatera Utara (Sumut), terutama kalangan swasta. Rapat digelar di Fountain, Cambridge, Medan, Kamis 25 Januari 2024.

banner 600x200

Timbul Raya Manurung dari Badan Pariwisata (Bawisda) Sumut, mengatakan F1H2O World Championship menjadi peluang bisnis bagi dunia usaha swasta. Bahkan bisa menggerakan ekonomi masyarakat lokal di kawasan Danau Toba maupun Sumut. “Ini menjadi peluang bisnis bagi pelaku pariwisata dan menggerakan ekonomi masyarakat,” tutur Timbul. Namun, sepertinya belum ada persiapan konkret ajang balap perahu super cepat paling bergengsi di dunia itu.

“Persoalannya, kita membicarakan ini karena belum ada tanda-tanda untuk mempersiapkan event International di Danau Toba ini,” tuturnya.

Menurut Henry, penting untuk mempersiapkan soal ini. Terutama bagi dunia usaha swasta seperti travel agent, perhotelan, dan semua yang terkait sektor pariwisata. “Tahun lalu pun begitu, makanya kita juga mendorong pemangku kepentingan terkait untuk saling berkoordinasi mempersiapkan F1H2O pada 2024 ini,” tambahnya. Sedangkan Johan, seorang pelaku travel di Medan, mengakui bahwa travel agent belum mendapatkan informasi yang memadai soal F1H20 mendatang. “Semestinya acara sekelas international, negara-negara tetangga bisa kita promosikan, mungkin banyak yang datang,” kata Johan.

Dalam kesempatan yang sama, Timbul menegaskan pertemuan kecil ini bertujuan untuk koordinasi awal bersama kalangan swasta terkait agenda F1H20 yang bakal digelar di Danau Toba. “Rapat kecil ini baru koordinasi awal, mengajak kawan-kawan pelaku travel dan sektor swasta terkait pariwisata lainnya untuk bersama mempromosikan hal itu,” tuturnya.

“Setelah ini kita akan menjadwalkan focus group discussion, dan berencana mengajak para stakeholder swasta maupun pemerintah mendiskusikan persiapan F1H20,” pungkasnya. Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, mengatakan rapat koordinasi sudah dilakukan bersama pemangku kebijakan terkait persiapan F1H20. “Terkait persiapan itu sudah mulai rapat.

Ada beberapa evaluasi yang menjadi catatan kita dari F1 Powerboat 2023,” ujar Hassanudin, kepada wartawan di Medan, Senin, 15 Januari lalu. “Saya mengajak semua pihak untuk terus sinergi, saling mendukung, membangun koordinasi agar berjalan lancar dan sukses,” kata Hassanudin.

Seperti diketahui F1H2O sudah merilis jadwal F1 Powerboat 2024. Sesi pembuka kejuaraan akan digelar di kawasan Danau Toba tepatnya di Balige, Sumut, pada 23-25 Februari 2024. Adapun F1 Powerboat 2024 bakal digelar di enam negara. Kejuaraan internasional tersebut dijadwalkan berlangsung estafet mulai Februari hingga Desember 2024. Selain Indonesia, beberapa negara juga ditunjuk sebagai tuan rumah ajang F1H20 musim 2024, yaitu Vietnam, Italia, Albania, China, dan Uni Emirat Arab.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *