oleh

Mengenal apa itu F1H20 Event Kelas Dunia.


Apa itu F1H20?

F1 adalah singkatan dari Formula Satu, yang mana F1 adalah ajang balapan mobil dengan kursi tunggal yang sering ditayangkan di televisi. Sedangkan H20 adalah senyawa kimia untuk air. Jadi dapat disimpulkan bahwa F1H20 adalah balapan mobil dengan kursi tunggal yang menggunakan air sebagai arena nya.

Bina Kasih

Dilansir dari situs resmi F1H20, kejuaraan dunia UIM F1H20 merupakan seri internasioal “flagship” atau unggulan dari balap powerboat single-seater inshore circuit.  Kejuaraan tersebut diorganisir oleh Union Internationale Motonatique (UIM) dan dipromosikan oleh H20 Racing.

Bisa dikatakan bahwa F1H20 mirip dengan Formula One car racing. Namun F1H20 ini melombakan speedboat dan tentu saja dilakukan di atas air. Powerboat sendiri bisa melaju hingga 160 kilometer per jam hanya dalam waktu 4 detik.

Untuk sitkuit yang digunakan ukurannya berbeda-beda. Umumnya berjarak 2000 meter dan area balapan bisa dilakukan danau, sungai, serta sheltered bay (teluk yang dilindungi). Tiap sirkuit memiliki setidaknya satu tikungan lurus panjang dan beberapa tikungan panjang. Dalam satu tim peserta terdapat beberapa orang antara lain manajer, satu hingga dua pilot, mekanik, koordinator radio, koordinator teknis, dan dilegkapi dengan infrastuktur bengle trailer dan tenda.

Setiap tim harus memiliki satu atau dua katamaran (powerboat) yaitu kapal yang mempunyai dua badan kembar sejajar yang terapung di permukaan air. Katamaran harus dilengkapi dengan mesin 2, 5 liter dan telah berkompetisi pada event Grand Prix sebanyak delapan hingga sepuluh kali dalam satu musim penuh.

Kejuaraan dunia ini diresmikan pada tahun 1981 dan tim dari berbagai negara bersaing di Grand Prix. Selama perkembangan Formula 1 ini, tragedi kematian dan cedera serius peserta pun kadang terjadi.

Oleh karena itu Chris Hodges, pembuat perahu, dan pembalap Inggris memutuskan untuk membuat pengaman dari bahan komposit yang sangat kuat.

Pengemudi akan diikat di kursi mereka. sehingga ketika terjadi kecelakaan, pengemudi akan tetap terlindung di dalam ikatan. Beberapa pilot sempat menentang ide  Hodges tersebut, tetapi karena maish terjadi kecelakaan besar, akhirnya UIM mewajibkan penggunaan pengaman tersebut.

Pada tahun 1990, Dave Burgess memperkenalkan kanopi yang dapat menutup kokpit secara sempurna. Kanopi tersebut dapat melindungi pengemudi dari kekuatan besar ait jika powerboat menukik tajam. Sehingga dapat memberikan keamanan untuk para pengemudi.

Sekian perkenalan singkat tentang F1H20. Kompetisi tersebut sempat tidak dihelat pada tahun 2020 dan kembali pada tahun 2021  dan dimenangkan oleh Jonas Andersson (tim Swedia)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.