oleh

Evolusi Logo Windows Selama 37 Tahun


Sistem operasiWindows sudah berusia hampir 37 tahun. Sejak dirilis pertama kali pada 20 November 1985, OS Windows menjadi salah satu produk andalan dari Microsoft hingga kini. Data Statista mencatat Windows masih menjadi penguasa untuk pangsa sistem operasi untuk Desktop pada Desember 2021 dengan persentase hampir mencapai 74 persen. Windows memiliki lebih dari 20 lebih versi sistem operasi sejak Windows 1.0 diluncurkan hingga sekarang. Dan pada penggantian beberapa versi, Microsoft juga mengganti logo OS Windows. Dari tahun ke tahun selama tiga dekade lebih, logo Windows mengalami banyak perubahan. Tercatat dari tahun 1985 hingga 2022, ada lebih dari 15 logo yang pernah dipakai oleh Windows.

Lalu, seperti apa logo yang pernah digunakan Windows hingga saat ini?

Bina Kasih

Windows 1.0 dan 2.0
Logo Microsoft Era Windows 1.0 dan 2.0
Ini adalah logo pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk sistem operasi miliknya, Windows. Bentuk logo jendela yang digunakan menggunakan empat panel yang tidak simetris. Laporan HowToGeek menyebut logo ini tidak dipergunakan oleh perusahaan secara luas, namun, penggunaan logo ini lebih banyak untuk acara internal perusahaan seperti Seminar Pengembangan Microsoft Windows, dan beberapa kopi software sistem operasi Windows yang tidak banyak jumlahnya. Logo ini digunakan pada tahun 1985 sampai 1989.

Windows 3.0 dan Windows NTLogo Microsoft Era Windows 3.0Ini pertama kalinya Windows menggunakan logo yang berbentuk jendela, yakni memiliki bingkai persegi dengan empat panel di tengahnya. Logo ini digunakan pada tahun 1990 hingga 1991. Uniknya, logo pada era Windows 3.0 tidak memiliki kepastian. “Pada masa Windows 3.0, tidak ada logo yang menjadi acuan. Setiap tim baik dari marketing, sales, mereka membuat logo Windows versi mereka sendiri. Ada yang menggunakan logo lama,” kata Brad Silverberg, eks Vice President dari Microsoft pada waktu itu. Desain jendela dengan bingkai yang tebal rupanya menjadi fondasi untuk desain selanjutnya.

Era Windows 3.1 dan Windows NT
Logo Microsoft Era Windows 3.1 dan Windows NTMasih menggunakan desain jendela berbingkai dengan empat panel di tengahnya, ada perubahan yang dilakukan Microsoft pada logo Windows di versi 3.1 dan NT ini. Terlihat ada panel berwarna merah, biru, hijau, dan kuning. Desain jendela juga dibentuk seolah seperti bendera yang sedang berkibar, dengan tampilan efek seolah jendela terurai pada sebelah kiri. Logo ini digunakan pada Windows 3.1 pada tahun 1992. Setahun setelahnya, logo ini juga digunakan untuk Windows NT 3.1. VP Senior Microsoft kala itu, Brad Silverberg adalah orang yang memilih desain ini. Ia meminta anak buahnya untuk membuat desain logo Windows, yang kemudian mencari beberapa desainer logo dari luar perusahaan.

“Mereka mencari desainer dari luar, lalu menyerahkan desain-desain finalis yang sudah diseleksi kepada saya. Saya memilih logo Windows yang menjadi ikon sekarang. Logo itu masih menjadi favorit saya. Logo itu punya warna, dan desainnya seolah memiliki gerakan,” kata Silverberg.

Windows NT hingga Windows 2000
Logo Microsoft Era Windows NT 3.5 Sampai Windows 2000Silverberg memprediksi bahwa logo jendela berkibar itu akan bertahan cukup lama. Dan memang demikian, meski ada sedikit perubahan pada logo tersebut. Di tahun 1994, teknisi Microsoft mengubah sudut elevasi logo windows menjadi beberapa derajat ke kanan. Warna, bentuk, dari logo tersebut masihlah sama untuk versi Windows 3.5 NT, Windows 95, Windows NT 4.0 di tahun 1996, dan Windows 98. Logo ini masih dipakai di Windows Me dan Windows 2000 pada tahun 2000, dengan sedikit penambahan bingkai di luar logo.

Windows XP hingga Windows 7
Logo Microsoft Era Windows XP hingga 7
Masuk pada Windows XP yang keluar di tahun 2001, Microsoft mengganti lagi logo pada OS Windows. Logo yang digunakan terkesan lebih ringan. Jika sebelumnya Windows menggunakan logo jendela yang seolah berkibar, logo kali ini menghilangkan bingkai pada jendela itu. Hanya terlihat empat panel dengan empat warna yang memiliki gerakan seolah sedang berkibar. Logo ini digunakan awal pada Windows XP, kemudian Windows Vista di 2006, kemudian Windows 7 di 2009. Pada Windows Vista, logo Windows kadang ditampilkan di dalam lingkaran biru. Hal itu terjadi juga pada sistem operasi Windows 7 pada ponsel. Windows 7 untuk ponsel memiliki warna panel yang seluruhnya putih, dan ditempatkan di dalam sebuah lingkaran, atau sebuah kotak.

Windows 8 hingga Windows 10

Logo Microsoft Era Windows 8 hingga 10Pada tahun 2012, logo Windows berubah kembali untuk Windows 8. Bentuk logo kali ini memiliki panel yang seluruhnya berwarna biru, dengan bentuk jendela rumah yang digambar dengan sudut pandang ke arah kiri. Logo ini digunakan juga pada Windows RT di tahun 2012, Windows 8 untuk ponsel di 2012, Windows 8.1 di tahun 2013, dan Windows 10 di tahun 2015, dengan warna yang makin tua di setiap versi barunya.

Windows 11

Logo Windows 11

Untuk versi OS Windows terbaru saat ini, yakni Windows 11, Microsoft menggunakan logo perusahaan, kemudian mengubah warna panelnya menjadi biru seluruhnya. Logo Windows 11 sekilas mirip dengan logo yang dikenakan Windows 3.0 puluhan tahun silam.

Dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Minggu (1/5/2022), logo ini terinspirasi dari logo Microsoft yang diluncurkan di tahun 2012. Kemudian logo tersebut diubah warnanya menjadi biru. “Kami mengubahnya menjadi warna biru, warna yang banyak orang asosiasikan dengan Windows,” kata Vincent Joris Manajer Brand Windows dalam video promosi Windows 11.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.