oleh

Cara melacak Android yang hilang dengan Find my Device


Ponsel sangat melekat dengan kehidupan masyarakat modern karena memudahkan banyak hal dan bisa jadi mengganjal jika sampai kehilangan. Anda bisa mengantisipasi risiko ini dengan memahami fitur Google Find My Device khusus untuk mencari ponsel Android.

Fitur itu berguna untuk melacak ponsel yang hilang. Fitur ini bergantung pada dua hal yang perlu diaktifkan agar bisa bekerja, yaitu aplikasi fitur itu sendiri dan layanan lokasi Google.

Selain kedua hal tersebut, ponsel juga harus menyala dan telah masuk ke akun Google milik pengguna. Find My Device merupakan salah satu fitur standar ponsel Google Pixel dan sejumlah ponsel Android, sehingga biasanya sudah aktif secara default.

Meski demikian, pengguna perlu memperhatikan sejumlah model yang mungkin memiliki aplikasi pencarian perangkat sendiri, seperti misalnya ponsel-ponsel Samsung.

Jika pengguna tidak yakin fitur ini sudah aktif, berikut cara mengecek dan mengaktifkan fitur Google Find My Device:

1. Buka Settings

2. Pilih Security

3. Pilih Find My Device

4. Jika kolom Find My Device belum diaktfikan, klik pada layar untuk mengaktifkan

Setelah fitur tersebut diaktifkan, dilansir dari The Verge, berikut cara mencari ponsel yang hilang dengan fitur Google Find My Device:

1. Buka halaman pencarian Google dari perangkat komputer

2. Ketik “Find My Device” di kolom pencarian

3. Pilih perangkat yang ingin dicari

4. Layar akan menampilkan lokasi ponsel di peta

Setelah memilih perangkat yang hilang, pengguna dapat memilih beberapa opsi yang tersedia.

Pertama, pengguna dapat membunyikan perangkat agar mudah ditemukan. Kedua, pengguna dapat mengunci perangkat dan menghapus akun Google dari perangkat untuk mengamankan data yang ada jika perangkat hilang di tempat yang dirasa tidak aman.

Terakhir, pengguna dapat menghapus semua data di perangkat. Pilihan ini dapat dilakukan jika pengguna yakin ponsel tidak dapat ditemukan karena hilang dicuri atau hilang di tempat yang cukup jauh.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.