oleh

9 Tempat Wisata Samosir yang ada di Danau Toba dari Perbukitan hingga Desa


Danau Toba menjadi salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara. Danau vulkanik terbesar di wilayah Asia Tenggara ini memiliki pemandangan alam yang indah. Danau Toba juga menjadi salah satu kawasan wisata geologi yang telah diakui oleh UNESCO dan kini menjadi satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan pemerintah.

Berbicara tentang Danau Toba, nama Kabupaten Samosir menjadi nama yang sulit dipisahkan. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten dengan banyak tempat wisata untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Bina Kasih

Berikut sembilan tempat wisata di Samosir yang dapat dikunjungi jika kamu sedang melancong di Sumatera Utara.

Tempat wisata di Samosir

1. Bukit Holbung Lihat Foto Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung.

Bukit Holbung, Keindahan di Pulau Samosir Selain Danau Toba | SUPERLIVE

(Dok. Shutterstock) Bukit Holbung memiliki nama lain Bukit Teletubbies. Hamparan rumput di atas bukit akan menambah keindahan panorama Danau Toba. Sore hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini. Pasalnya, dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam.

2. Menara Pandang Tele

Menikmati Keindahan Danau Toba di Menara Pandang Tele SamosirMenikmati panorama Danau Toba dari ketinggian menjadi hal yang patut dicoba saat berkunjung ke Samosir. Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan tersebut adalah Menara Pandang Tele. Menara ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Bukit Holbung. Obyek wisata di Samosir ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dengan durasi sekitar 44 menit dari Bukit Holbung.

Menara Pandang Tele memiliki tiga lantai yang semuanya dapat diakses oleh pengunjung. Di lantai paling atas pengunjung bisa melihat barisan bukit, pemukiman warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

3. Air Terjun Efrata

Air terjun Elfrata di Kabupaten Samosir. Air Terjun Efrata terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya diapit oleh dua bukit. Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Air terjun tersebut berair jernih dengan ketinggian sekitar 20 meter. Untuk dapat menyaksikan keindahan air terjun ini, pegunjung perlu berjalan sekitar 100 meter dari area parkir. Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati panorama persawahan milik penduduk setempat.

4. Bukit Sibea-bea

Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.Tak hanya wisata alam, di Samosir juga bisa dijumpai obyek wisata religi, yaitu Bukit Sibea-bea.

Sebab, bukit itu merupakan tempat didirikannya patung Yesus Kristus yang proses pembangunannya masih berjalan.
Di sana, selain menemukan patung Yesus Kristus di bukit, ada pula rumah doa dan restoran. Selain menjadi tempat wisata religi, Bukit Sibea-bea juga menyuguhkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Dikutip Kompas.com dari Tribun Travel, (26/12/2021), untuk mencapai ke Bukit Sibea-bea, kita perlu mencapai jarak sekitar 177 kilometer (km) dari Kota Medan, atau sekitar empat hingga lima jam perjalanan.

5. Desa Wisata Tomok

Foto dirilis Jumat (5/3/2021), memperlihatkan wisatawan menari Tor Tor di depan patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara. Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) untuk menggantikan Pulau Bali.Tomok merupakan sebuah desa yang terletak di bagian timur Pulau Samosir. Desa ini berada tepat di bagian pesisir pulau.

Pengunjung dapat mempelajari kebudayaan dan peninggalan leluhur suku Batak Toba, mulai dari rumah adat, makam raja-raja kuno, hingga benda-benda zaman megalitikum.

6. Museum Batak Tomok

Tungkot Tunggal Panaluan yang menjadi koleksi Museum Batak TB Silalahi di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera UtaraMuseum Batak Tomok merupakan objek wisata yang terletak di Komplek TB Silalahi Center, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Bangunan museum ini berbentuk rumah tradisional tempat tinggal Suku Batak atau yang biasa disebut Ruma Bolon. Dinding bangunan museum dipenuhi dengan ukiran khas berwarna merah, putih, dan hitam.

Ketiga warna dominan tersebut dianggap memiliki arti spiritual tersendiri bagi masyarakat Suku Batak.

Tak hanya itu, ukiran cecak yang ada di dindingnya juga memiliki makna pelindung. Pengunjung dapat menyaksikan beragam peninggalan leluhur suku Batak Toba dari Samosir di Museum Batak Tomok ini.

7. Desa Lumban Suhi Suhi

Warga menyelesaikan tenunan kain tradisional ulos di Desa Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2011). Satu lembar kain ulos mereka selesaikan dalam satu minggu lamanya. Warga atas kemauan sendiri bisa turut menenun di tempat ini untuk berwirausaha selain berprofesi sebagai bertani.
Desa Tomok bukanlah satu-satunya desa wisata yang ada di Samosir. Desa Lumban Suhi Suhi juga menjadi desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wilayah yang terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara ini merupakan penghasil kain ulos. Kain ulos merupakan kain tenun khas suku Batak.

Kain tersebut memiliki peranan penting dan tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Batak. Pengunjung bisa menyaksikan pembuatan kain ulos secara langsung dan membelinya sebagai oleh-oleh.

8. Pulau Tulas Samosir

Pulau Tulas di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.Selain Pulau Samosir, di Danau Toba juga ada sebuah pulau tak berpenghuni yang patut untuk dikunjungi. Pulau tersebut bernama Pulau Tulas Samosir.

Berbeda dengan Pulau Samosir yang cukup luas, Pula Tulas Samosir ini berukuran kecil. Dilansir dari situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, tempat wisata ini belum tersentuh oleh manusia. Pulau ini secara administratif terletak di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

9. Pantai Pasir Putih Parbaba

Meski bernama Pantai Pasir Putih Parbaba, obyek wisata ini tidak berada di tepi laut, melainkan di pinggir danau.

Pantai ini terleatak di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Pengunjung bisa menikmati panorama Danau Toba dengan deretan gunung di seberangnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sejumlah wahana yang disediakan. Dikutip Kompas.com dari Tribun Travel, (31/10/2021), beberapa aktivitas yang bisa dijajal seperti wisata kano, banana boat, bebek dayung, boat, donat boat, dan papan selancar.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.