oleh

8 Juni itu diperingati hari apa ya?


Tanggal 8 Juni adalah Hari Laut Sedunia yang dirayakan setiap tahunnya. Peringatan hari laut sedunia ini diusulkan oleh delegasi asal Kanada pada tahun 1992 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio Janeiro, Brazil.

Baru 10 tahun silam, tepatnya pada Tahun 2002, Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori jaringan Kelautan Dunia untuk membangun dukungan diadaknnya peringatan hari laut sedunia ini.

Dan pada tahun yang sama, The Ocean Project dan World Ocean Network memulai promosinya dan melakukan koordinasi secara global terkait peringatan Hari Laut Sedunia. Kedua organisasi tersebut merayakan Hari Laut Sedunia yang pertama kali, bersama jaringan kebun binatang, akuarium, dan kelompok lingkungan di seluruh dunia.

Atas dorongan dari banyak organisasi, lalu barulah akhirnya PBB secara resmi menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111 dan dengan harapan semakin terbukanya kepedulian dan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Pada perayaan Hari Laut Sedunia tahun ini, PBB akan mengangkat tema Revitalisasi: Aksi Kolektif Untuk Laut. Ini akan menjadi perayaan pertama yang akan dilaksanakan secara Hybrid di markas besar PBB, New York.

Cara Melestarikan Lingkungan laut

Melestarikan alam laut, berarti telah melestarikan setengah ekosistem di muka bumi, karena laut merupakan separuh dari wilayah bumi. Laut adalah wilayah terluas di bumi yang merupakan habitat bagi berbagai makhluk hidup yang ada di dalamnya, seperti ikan dan terumbu karang.

Cara melestarikan alam laut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan. Di laut maupun di sungai. Sungai adalah aliran air yang akan bermuara ke laut. Jika air sungai kotor, maka laut ikut kotor.
  2. Tidak membuang limbah pabrik ke laut.
  3. Tidak memakai pukat harimau atau bom dalam menjaring ikan. Hal ini akan melestarikan dan menjaga populasi ikan tetap seimbang.
  4. Tidak membuang sampah di pantai. Pantai adalah daratan yang paling dekat dengan laut. Jika pantai kotor, akan berdampak pada kebersihan laut.
  5. Tidak menyentuh terumbu karang saat sedang menyelam di laut.
  6. Tidak membunuh hewan yang terancam punah di laut
  7. Melakukan penanaman kembali terumbu karang.
  8. Memberikan sangsi tegas pada pelaku pengerusakan hewan laut

Tujuan peringatan Hari Laut Sedunia

Untuk meningkatkan kesadaran manusia tentang pentingnya peran laut dalam kehidupan manusia. Laut menyediakan sebagian besar oksigen yang kita hirup. Laut juga menjadi sumber utama makanan dan obat-obatan serta bagian penting dari biosfer.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.